Entri Populer

Saturday, 12 November 2011

Agatha Christie: Gajah Selalu Ingat (Elephants Can Remember)

Gajah Selalu Ingat (1972)


cover terbaru
Novel ini merupaan salah satu karya Agatha Christie yang menceritakan Hercule Poirot yang mengusut kasus yang telah lama berlalu. Kurang lebih 15 tahun yang lalu. Cerita mengenai seorang anak yang, awalnya secara agak dipaksa, ingin mengetahui kebenaran yang terjadi pada kedua orang tuanya.

Anak ini, dalam cerita sudah berusia 26 tahun, merupakan anak baptis Ariadne Oliver, penulis cerita detektif terkenal yang sebenarnya hanya dapat membayangkan kejahatan dalam tulisan-tulisannya. Ariadnelah yang mengantarkan masalah tersebut ke hadapan Hercule Poirot.

Maka dimulailah pencarian, penelusuran ke masa lalu. Mendatangi orang-orang yang kira-kira tahu dan ingat. Mereka berdua (saya rasa yang saya maksud waktu menulis ini adalah Poirot dan Ariadne) berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin informasiuntuk kemudian dirangkai menuju kebenaran. Dan semua itu tentu tidak mudah.

Menurut saya pribadi, buku ini adalah karya Agatha Christie yang agak membosankan. Rasanya, kita ingin segera mengakhiriny saja tanpa mengikuti alur penceritaan mereka. Wawancara dengan orang-orang tua ditambah cerita-cerita yang menyertai keterangan mereka, belum lagi karena kejadian itu sudah sangat lama . Kita sebagai pembaca menjadi lebih sulir merangkai "fakta-fakta". Meskipun demikian, pembaca rasanya dapat menebak apa yang terjadi melalui petunjuk-petunjuk yang dianggap penting oleh Hercule Poirot. Cobalah kemampuan analisis anda pada novel ini....
Selamat mencoba.


cover sebelum cover di atas

ini cover sebelum yang di sebelah

Sekian saja.
Rasanya kok, ini bukan sinopsis, tapi ulasan pribadi, esai mungkin?
Entahlah... semoga bermanfaat.


Terima kasih sudah mampir (>.<)

No comments:

Post a Comment

Pages

There was an error in this gadget