Entri Populer

Sunday, 6 November 2011

Agatha Christie

Perkenalan

Kebanyakan orang menyukai Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle itu. Tapi, saya jauh lebih menyukai Hercule Poirot-nya Agatha Christie. Penyebab utamanya, mungkin. Buku Agatha lebih dulu saya baca dari buku Conan Doyle. Sama seperti saya lebih dulu membaca Kakoong daripada Kungfu Komang. Alasan lainnya adalah Hercule Poirot. Tokoh detektif dengan ciri fisik yang khas dan pola pikir yang unik ini memang menarik. Poirot lucu, menyebalkan, cerdas. Alasan ketiga, karya Agatha Christie yang hampir 80 buku itu bisa membuat kita lebih puas menikmatinya. Dan, saya menemukannya pada sebagian karya Agatha, semua bukti sudah dijabarkan pada kita sehingga seharusnya kita dapat melihat siapa pelakunya.

Saya sudah lupa, apa judul buku Agatha pertama yang saya baca. Yang saya ingat hanya waktunya. Awal mulanya adalah ketika di perpustakaan SMA saya, banyak sekali koleksi buku Agatha. Saat itu, saya mulai bosan dengan Trio Detektif dan ingin membaca bacaan yang lebih "dewasa", maksud saya lebih rumit. Dan, saya jatuh cinta pada Hercule Poirot. Benar-benar jatuh cinta. hingga saat menjelang ujian kelulusan SMA, bukan buku teori yang saya pegang, tapi novel Agatha. (@,@)


Agatha Christie

cover versi terbaru di Indonesia

salah satu buku favorit saya

buku yang sangat menarik. percayalah...

foto diambil dari berbagia sumber :)


Nah, sebagai permulaan, mungkin sebaiknya saya perkenalkan dulu saja penulis favorit saya yang mendapat julukan "Queen of Crime" ini. Informasi ini saya copy paste dari wikipedia, sih, hehehe....


Dame Agatha Mary Clarissa Christie, DBE (15 September 189012 Januari 1976), adalah seorang penulis fiksi kriminal Inggris. Dia juga menulis kisah-kisah roman dengan nama Mary Westmacott.
Agatha Christie adalah penulis kisah misteri paling terkenal di dunia dan pengarang yang karyanya paling laku sepanjang masa dengan mengecualikan William Shakespeare. Buku-bukunya telah terjual sebanyak lebih dari satu miliar eksemplar dalam bahasa Inggris dan satu miliar lagi dalam 45 bahasa asing (hingga 2003). Sebagai contoh kepopulerannya yang luas, dia adalah penulis paling laris di Perancis, dengan lebih dari 40 juta eksemplar novelnya terjual dalam bahasa Perancis (hingga 2003) dibandingkan dengan 22 juta untuk Émile Zola, saingan terdekatnya.

Christie menerbitkan lebih dari 80 novel dan sandiwara teater yang kebanyakan merupakan kisah detektif dan misteri ruangan tertutup, banyak daripadanya yang berkisah mengenai salah satu tokoh serialnya, Hercule Poirot atau Miss Marple. Dia adalah seorang tokoh besar dalam fiksi detektif untuk keberhasilan komersilnya dan inovasinya dalam genre tersebut. Meskipun dia suka mempersulit kisahnya dengan teka-teki yang lain dari umumnya, dia juga sangat teliti dalam "bermain adil" terhadap para pembacanya dengan memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan teka-tekinya diberikan. Salah satu karya awalnya, "Pembunuhan atas Roger Ackroyd", terkenal untuk akhir ceritanya yang mengejutkan.

Kebanyakan karyanya telah difilmkan, beberapa di antaranya beberapa kali berulang-ulang ("Pembunuhan di Atas Orient Express", "Pembunuhan di Sungai Nil", "Kereta 4.50 dari Paddington"). BBC telah memproduksi versi televisi dan radio dari hampir semua kisah-kisah Poirot dan Marple.

Biografi

Lahir dengan nama Agatha Miller, pernikahan pertamanya yang tidak bahagia terjadi pada 1914 dengan Kolonel Archibald Christie, seorang penerbang dalam Korps Penerbang Kerajaan Inggris ("Royal Flying Corps"). Pasangan ini mempunyai seorang putri, Rosalind Hicks dan bercerai pada 1928.

Pada masa Perang Dunia II dia bekerja sebagai seorang apoteker, pekerjaan yang memengaruhi karyanya; banyak dari pembunuhan dalam kisah-kisahnya dilakukan dengan racun.

Pada Desember 1926 dia menghilang selama sebelas hari dan menimbulkan suatu keributan dalam pers. Mobilnya ditemukan dibiarkan kosong di sebuah lubang kapur. Dia akhirnya ditemukan sedang tinggal di sebuah hotel di Harrogate, di mana dia mengatakan bahwa dia telah mengalami amnesia yang disebabkan gangguan urat syaraf setelah kematian ibunya dan masalah dalam perkawinan pertamanya. Ada yang berpendapat bahwa ini hanyalah sebuah aksi publisitas saja.

Pada 1930 dia menikahi Sir Max Mallowan, seorang ahli arkeologi Inggris, dan perjalanannya dengannya ke Timur Tengah memberinya ide untuk beberapa latar belakang novel-novelnya. Novel-novel lainnya mengambil lokasi di Torquay, Devon, di mana di dilahirkan.

Sandiwara panggungnya "The Mousetrap" memegang rekor sebagai sandiwara dengan masa putar terpanjang di London,—sejak dimulai pada 25 November 1952 hingga sekarang ia telah diputar lebih dari 20.000 kali.
Pada 1971 dia dianugerahi gelar "Dame Commander of the British Empire".


Begitulah. Sementara itu dulu. Nanti, akan saya cari informasi mengenai Agatha yang lain. Mengenai karya-karyanya (yang pasti), hilangnya Agatha selama beberapa waktu, juga bahasan mengenai petikan berikut. Semoga.

Bahkan dalam Ebook Buku Hypnotic Writing karya Joe Vitale (Bapak Pemasaran Hypnotis), diceritakan bahwa novelnya sampai diteliti oleh para ahli (The Agatha Project) untuk mencari tahu penyebab orang mencari novel-novel karangannya terus, hampir seperti ketagihan. Menurut penelitan itu, Agatha Chistie menggunakan teknik sastra yang mirip hipnoterapis dan psikolog, yang memiliki efek hipnosis pada pembaca. Penelitian itu mendapati bahwa frasa umum yang digunakan Agatha Christie bertindak sebagai pemicu untuk meningkatkan kadar serotonin dan endorfin, yang adalah kurir kimia dalam otak yang menimbulkan rasa senang.

 See...? sampe ada The Agatha Project? Ahihihihi.... (^0^)
yak, sekian dulu. dan, terima kasih sudah mau mampir (>.<)

No comments:

Post a Comment

Pages

There was an error in this gadget