Entri Populer

Sunday 6 November 2011

CAFE WORLD


CAFÉ WORLD

Sekarang, saya akan membahas salah satu game favorit saya di facebook. Ulasan dalam pembahasan ini saya olah dari berbagai sumber plus pengalaman pribadi saat dulu kecanduan dengan permainan ini. Tulisan ini saya buat hampir setahun yang lalu. Dan selama itu, tersimpan rapi di komputer. Nah, sekarang saya akan membaginya pada kalian. hope you'll like it! (^.^)

           
Game keluaran Zynga yang satu ini adalah permainan memasak, namun bukan berarti permainan ini hanya menarik bagi perempuan saja lho. Sesuai dengan namanya, dalam game ini kita adalah pemilik sekaligus koki dalam sebuah café. Sebagai pemilik, kita memulai permainan dengan sebuah ruangan kecil berisi beberapa kompor dan meja. Kemajuan café itu tergantung pada kepiawaian kita untuk mengelola cafe. Selain peningkatan level, hal yang dapat kita tunjukkan sebagai bentuk persaingan dengan teman-teman kita adalah cara kita mendekorasi café.

       
contoh tampilan game cafe world





contoh tampilan game cafe world

 Meskipun disebut café, sebenarnya game ini dapat kita desain dengan berbagai bentuk sesuai dengan berbagai jenis dekorasi  yang disediakan dalam game. Kita dapat mengubah café itu menjadi seperti restoran hingga menjadi pub. Secara garis besar game ini sama dengan game restaurant city yang sudah muncul di facebook sebelum café world.
Beginilah salah satu contoh tampilan game café world level 63 yang akan muncul pada layar komputer kita.

 contoh tampilan game cafe world pada layar komputer


CARA BERMAIN CAFE WORLD

1. karakter tokoh


tampilan cara mengganti karakter tokoh cafe world

Karakter tokoh kita dalam café world dimulai saat kita pertama kali bermain. Kita dapat memilih tokoh sesuai dengan karakter kita sebenarnya atau sesuai dengan fantasi kita tergantung kretifitas kita masing-masing. Jika bosan dengan tokoh yang kita tetapkan karakter tokoh di awal, kalian dapat mengubah lagi tampilan tersebut dengan klik lambang baju pada bagian bawah layar. DI sana Kita dapat mengubah seluruh tampilan tokoh dengan memilih hal-hal seperti gaya yang berbeda dari pakaian, warna rambut, dan karakteristik wajah sesuai dengan pilihan yang ada di bagian atas gambar.
Lambang panah yang ada di samping kanan dan kiri tokoh merupakan tombol yang digunakan untuk memutar tokoh sehingga kita dapat melihat tampilan tokoh dari samping dan belakang. Lambang mesin kasir yang ada di bawah berguna untuk menjual barang-barang lama yang sudah tidak kita perlukan. Sementara itu, gambar kado di sebelahnya berguna jika kita ingin memberikan baju, celana, sepatu, hingga karakter wajah tertentu kepada teman kita. Jika sudah selesai mengganti karakter tokoh, klik tombol tanda plus pada bagian bawah tokoh.

contoh hasil perubahan karakter koki cafe world

2. memasak

Pada awal permainan, seperti permainan lainnya, kita akan diberi instruksi cara bermain. Instruksi tersebut merupakan cara dasar untuk bermain. Kita mendapatkan sebuah café yang sederhana yang berisi dua kompor, dua meja untuk menyajikan masakan, dan dua set bangku-meja untuk makan. Seiring dengan peningkata level, kita dapat menambah luas café beserta jumlah benda-benda yang ada di dalamnya dengan membeli di pasar (klik lambang kursi, gerigi, atau dinding di bagian bawah game).

 
contoh tampilan awal pada permainan cafe world

 Memasak di café world kita lakukan dengan klik oven, kemudian akan muncul pilihan menu makanan yang dapat kita masak sesuai dengan level kita. Klik pada makanan yang ingin kita masak kemudian klik tiga kali lagi pada oven hingga masakan kita selesai dipersiapkan dan kita tinggal menunggu hingga matang.
            Karena waktu yang digunakan dalam game sama dengan waktu di dunia nyata, kita perlu mempertimbangkan masakan yang akan kita masak berdasarkan lama memasak dan juga harga masakan. Hal ini diperlukan karena jika kita terlambat mengangkat masakan yang sudah matang, masakan itu akan menjadi basi sehingga harus dibuang atau menggunakan cairan anti basi (memang ada ya di dunia nyata? Hehe.. namanya juga permainan) yang dapat kita peroleh dengan membeli menggunakan cash, bukan koin. Masakan akan basi setelah 2x waktu masak, misalnya waktu masak 30 menit, maka masakan akan basi setelah 1 jam, demikian pula dengan masakan dengan waktu masak 1 hari, akan basi setelah 2 hari tidak diangkat.

contoh tampilan masakan yang sudah dapat dimasak
   
            Ketika kita sedang ada banyak pekerjaan hingga tidak sempat membuka café world untuk beberapa hari, kita dapat memilih menu homestyle fot roast yang ada di selbelah kiri bawah, dengan demikian kita dapat meninggalkan game ini maksimal untuk 4 hari berikutnya tanpa rasa khawatir. Sebaliknya, jika kita sedang senggang dan ingin bermain intens, kita dapat memilih menu jumbo shrimp cocktail yang ada di sebelahnya atau menu yang lebih cepat lagi. Pilihan waktu masak yang tersedia bervariasi mulai dari 5 menit – 2 hari.
Harga yang tertera di bawah gambar masakan merupakan harga pembelian bahan. Keterangan yang terdapat di sebelah kanan gambar masakan secara berurutan dari atas ke bawah menunjukkan harga total penjualan, jumlah sajian masakan, dan  lama waktu memasak. Dengan keterangan tersebut kita dapat mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah penyajian atau keuntungan, misalnya pada masakan yang sama-sama membutuhkan waktu 1 hari, masakan spitfire roasted chixken memberikan keuntungan sebesar 2600 coin, sedangkan masakan lain hanya 2000 coin.


3. mini goal
contoh mini goal pada cafe world

            Mini goal merupakan tugas-tugas kecil yang muncul pada saar-saat tertentu pada sebelah kanan kiri layar. Jika tugas ini terselesaikan, kita akan mendapatkan hadiah tertentu. Pada contoh di atas, kita perlu melakukan tiga hal untuk menyelesaikan tugas ini, yaitu meminta 5 bunga, meminta 5 lilin, dan menyajikan eggs benedict  sebanyak 8 kali. Meminta dapat kita lakukan dengan klik “ask”, permintaan akan disampaikan kepada teman-teman kita.
Jika kita malas menyelesaikan mini goal ini tidak akan berpengaruh pada permainan kita, hanya saja kadang-kadang hadiah (reward) yang ditawarkan menarik sehingga sayang jika kita lewatkan. Cara cepat untuk menyelesaikan mini goal dapat juga kita tempuh dengan membayar cash pada masing-masing tugas, namun cash sangat sulit diperoleh sehingga sayang jika menggunakannya bukan dalam keadaan terpaksa, kecuali kalian mau membeli cash dengan uang asli.

 
contoh mini goal peralatan masak ekstra di cafe world

            Selain mini goal seperti di atas, mini goal lain terkait dengan peralatan memasak yang kita miliki. Pada gambar di atas, kita disuruh melengkapi peralatan memasak dalam cabinet. Setelah semua terlengkapi, kita dapat menukar koleksi itu dengan hadiah tertentu atau dapat memasak masakan baru yang spesial.


4. bertetangga

Klik tombol “neighbours” pada bagain atas layar (lihat gambar 2), kita dapat melihatsiapa saja teman facebook kita yang bermain café world. Setelah itu, kita dapat klik “add as neighbor” pada masing-masing teman yang ingin kita jadikan tetangga. Kita juga dapat mengundang teman kita yang belum pernah bermain café world agar mereka mau mencoba bermain dengan klik “invite friends” yang berada di seleah “neighbours”.
  Semakin banyak tetangga yang kita miliki permainan café world akan terasa semakin seru karena kita dapat memperoleh lebih banyak bantuan dan coin dengan cara berkunjung ke café mereka.  Berkunjung dapat dilakukan dengan klik tombol visit pada bagian bawah gambar teman kita. Tetangga dalam café world juga dapat bekerja sebagai pelayan di Cafe kita
memilih tetangga untuk menjadi pelayan di cafe world

Agar teman kita mau memberikan bantuan, kita juga jangan pelit untuk memberi hadiah dan bantuan. Hadiah yang akan kita berikan gratis sehingga tidak akan mengurangi benda yang kita miliki. Hadiah dapat diberikan dengan klik dua tempat yang dilingkari tanda merah seperti pada gambar di bawah ini.
  
pemberian hadiah pada tetangga
 
CARA CEPAT MENAIKKAN LEVEL


tampilan pembelian coin dan cash dengan uang asli


Ada banyak cara untuk mempercepat menaikkan level. Tapi, bukan dengan cheats maksud saya. Beberapa di antaranya adalah memasak dengan penuh pertimbangan, memanfaatkan tetangga dengan baik, atau memanfaatkan mini games. Cara lain adalah dengan menggunakan uang. Uang asli maksud saya. Seperti pada gambar di atas. Tapi, menurut saya pribadi, permainan yang menarik adalah yang dapat membuat kita ingin selalu memainkannya dalam jangka waktu lama dan gratis. hehehe..... (>.<)

 nb: sepertinya masih kurang lengkap.... Tapi, semoga dapat berguna deh. Saya masih belajar dengan tombol-tombol dan cara memasukkan item di blog ini.
baiklah!
terima kasih sudah mau mampir. (^.^)


contoh tampilan game cafe world
 
















 





No comments:

Post a Comment

Pages