Entri Populer

Monday, 1 February 2016

Secret Santa 2015--Review dan Pengalaman Pertama Menebak Santa




Tanaman Monster adalah buku pertama dari lima buku yang dikeluarkan Kiddo dalam weird and wicked stories. Penulisnya Ernita Dietjeria. Saya mendapatkan buku ini dari Secret Santa 2015. Event BBI pertama yang saya ikuti dengan tidak disiplin. *sigh*


***

Buku ini berkisah mengenai petualangan Tonit dan Alvin yang mencari tanaman unik untuk memenuhi tugas dari guru biologi.

Ketika menelusuri hutan, Tonit menemukan tanaman aneh yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Ternyata, nama tanaman itu adalah nepenthes. Atau, kantong semar, atau periuk beruk, atau kantong monyet. Tanaman karnivora.

Tonit mendapat banyak keberuntungan dengan membawa kantong semar sebagai untuk tugas biologi. Dia mendapat pujian dari Pak Sandro, guru biologi, dan tatapan kagum dari teman-teman sekelas. Dia juga jadi bisa melihat senyum Bu Bokong, penjaga perpustakaan yang galak. Ini serius, namanya Bu Lisye Bokong--salah satu nama marga di Minahasa. Ini beneran pengetahuan baru yang menarik bagi saya. Dia bahkan boleh meminjam buku dari "Lemari Bergembok", tempat buku-buku istimewa disimpan, ketika hendak mencari tau tentang tanaman misterius yang ditemukannya.

Tapi..., keberuntungan tidak berlaku di rumah. Kakak perempuan Tonit, Tania Morania, dan kucing kesayangannya, Hercules, tetap menyebalkan. Tania bahkan pernah menyiram misterius Tonit dengan soda. Padahal, Tonit menjaganya sungguh-sungguh karena kata Bu Bokong harga tanaman itu bisa sangat tinggi.

Tonit tidak pernah terlambat memberi makan tanaman itu. Mulai dari nyamuk, lalat, kecoak, sosis, ayam.... Beneran. Soalnya, tanaman misterius itu suka semua jenis daging. 
Tapi, ternyata ketika impian Tonit sudah hampir terwujud, sesuatu yang misterius terjadi. Mula-mula, Hercules hilang. Yang tersisa hanya kalungnya, di kamar Tonit, di dekat tanaman misterius yang tampak semakin besar dan merah. Apa mungkin...?

***

Awalnya, saya penasaran dengan kisah yang akan disajikan. Ini buku anak, tapi model misteri. Setau saya, biasanya yang model seperti ini adalah buku terjemahan. Jadi ketika penulis Indonesia ingin menceritakan kisah yang agak seram untuk anak, saya penasaran.

Selama ini, buku anak di Indonesia “manis”. Yang baik mendapat kebaikan dan yang buruk mendapat keburukan. Intinya, ajaran berbuat baik. Imajinasi yang dihadirkan pun binatang dan tumbuhan yang bisa bicara. Keburukan yang ditampilkan pun masih sebatas bermusuhan dengan kawan, setau saya.

Goosebumps adalah seri buku horor untuk anak pertama yang saya baca. Dan buku ini setipe dengan Goosebumps.

Ketika membaca Tanaman Misterius, buku pertama seri ini, saya merasa buku ini akan seperti kebanyakan buku cerita anak di Indonesia. Rupanya tidak. Ending-nya membuat saya mengernyit heran. Loh, mau dibuat model begini, toh?

Buku seri ketiga, Peti Misterius, juga menarik. Akan saya posting selanjutnya. Ini nguber bayar utang yang sudah tertunda dulu. *hosh, hosh* *anak baru durhaka* (T-T")

Ini bisa jadi opsi menarik untuk anak-anak Indonesia dari penulis Indonesia juga. (*0*)/

***

Sekarang, saatnya saya menebak siapa Santa saya. 



Dari petunjuk membingungkan yang diberikan, ada beberapa hal yang saya simpulkan:


  • Santa ini kayaknya dari Sumatera. Sama kayak saya. ^^
  • Penyuka warna biru.
  • Perempuan
  • Suka romance.
  • Moody saat me-review.
  • Memori, penikmat fiksi, hari-hari. << mungkin ada di blog-nya. 
  • Target 103. << g ngerti sama sekali.

Setelah berjalan ke sana-sini..., dengan sedikit berkunang-kunang menjelajahi 30-an blog, hatiku berhenti di kamu. saya menebak kalau secret Santa saya adalah....

daneeollie 





Bener nggak, sih?
Hikz.
*nangis di bahu Al sambil nyanyi lagu galau

Bener atau nggak, terima kasih banyak, Santa. Dan, panitia. 
Dan, maafkan saya yang tidak disiplin.
_--_



13 comments:

  1. kalau kak dani bukan dari sumatera deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalinya ketemu yang dari Sumatera, dia sukanya ungu, bukan biru.
      Udah g ngerti lagi...
      (T-T")

      Delete
  2. Replies
    1. Ho oh.
      Keliru ini kayaknya...
      *gelundung ke bawah kulkas*

      Delete
  3. Danee gak di sumatra lho. Santamu mah orang medan mestinya.
    Btw salam kenal muhajjah. Buku yg kamu pilih menarik. Sebelumnya saya ndak tahu keberadaan buku ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yak. (~..~")
      Kok bisa nebak Medan? :O
      Salam kenal juga, Mbak Dewi. :)
      Buku anak, sih, tapi menarik. (^.^)/

      Delete
    2. Mbak Dewi tau aja nih dari Medan..hihi ( ^∇^)

      Delete
  4. Iya bukunya menarik, saya langsung sikat begitu mbak Ajjah dapat buku ini hahaha. Itu orang Medan? Siapa ya? Kukira juga Kak Dani karena di blognya ada tulisan Moody Reviewer. *gelundung ke stan bakso tusuk pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngoahahahhhahah.... beneran orang Medan, loh....
      Tapi aku belum pernah ke blog-nya malah~~~
      (T-T")

      Delete
  5. Haii..maaf baru menampakkan diri..saya Santamu..hehe..salam kenal ya..dari cluenya, penikmat fiksi, diambil dari nama blog saya: Fiction and Me
    Kalau moody-nya,karena review saya bolong2, kadang sebulan hanya satu.
    Kemudian, target 103 itu nomor keanggotaan BBI saya.
    Hehe..jadi begitulah..semoga kamu suka bukunya ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh..maaf, bukan target 103. Kalau tidak salah, di riddlenya saya menuliskan kata Agent 103 :)

      Delete
    2. Ow-me-jiii......
      Maafkan saya, Mbak Erta....
      Kurang banyak ngubek berarti... Dari 30-an blog yang kusambangi, punya dikau emang belum eprnah kudatengin.
      Ish, ampon.
      Terima kasih banyak bukunya, ya.... (*0*)/
      Salam kenal... *salaman*

      Delete

Pages

There was an error in this gadget